Cara Amankan Data di HP Agar Tidak Bocor

Perangkat seluler termasuk HP, saat ini sudah seperti pribadi pemiliknya yang kedua. Di dalamnya berisi berbagai macam data pribadi pemilik. Karena itu cara amankan data di HP menjadi informasi yang sangat penting diketahui guna mencegah potensi terjadinya kebocoran data.

Karena jika data sudah bocor, hal tersebut tentu akan sangat beresiko untuk disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. Lalu, cara mengamankan data – data di HP seperti apa? Di sini kita akan membahasnya!

Daftar isi

Cara Amankan Data di HP Agar Tidak Bocor

Untuk melindungi data penting di HP dari potensi penyalahgunaan, ada beberapa cara amankan data di HP yang bisa dimanfaatkan di antaranya :

Gunakan fitur kunci untuk membuka HP

Utamanya jika Anda adalah anak kuliahan atau pekerja kantoran yang sehari – harinya berkecimpung dengan banyak orang, guna menghindari teman yang usil atau bahkan oknum tak bertanggung jawab mengotak – atik HP maka yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan fitur kunci.

Smartphone canggih saat ini sudah dibekali dengan cukup banyak pilihan fitur kunci. Terbaru ada fitur kunci face detection yang menjadikan HP hanya bisa dibuka oleh orang yang wajahnya terbaca sesuai dengan yang diinput ke dalam sistem.

Dengan adanya fitur ini, tidak semua orang bisa membuka HP jika memang bukan orang yang wajahnya terinput di dalam sistem. Anda bisa memanfaatkannya.

Pada akun penting, ganti passwordnya secara berkala

Tidak hanya data – data penting di HP saja yang perlu diselamatkan dari pencurian, data pribadi di dalam akun sosial media juga perlu diselamatkan. Cara menyelamatkannya bisa dilakukan dengan mengganti password akun sosial media secara berkala.

Baca Juga:  Fitur Chat Gojek yang Lagi Viral

Secara ideal, password pada akun penting sosial media perlu diganti setidaknya 3 atau 4 bulan sekali. Demikian juga dengan password akun yang berkaitan dengan perbankan, sering – seringlah diganti agar tidak mudah ditemukan oleh hacker.

Manfaatkan OTP dan 2FA

Pada akun penting apapun yang Anda punya, jangan lupa untuk mengaktifkan OTP dan layanan 2 FA (Two Factor Authentication) untuk menerapkan sistem keamanan ganda selain mengamankan akun dengan password atau kata sandi saja.

Dengan mengaktifkannya, orang tidak akan sembarangan bisa masuk ke akun Anda tanpa persetujuan karena ketika seseorang berusaha membobol paksa suatu akun maka Anda akan langsung mendapatkan laporan dari server untuk mengonfirmasi bahwa tindakan tersebut adalah diri Anda sendiri atau bukan.

Hindari mendownload aplikasi dari sumber tak dikenal

Aplikasi yang terdownload dari sumber tak dikenal besar kemungkinan menyimpan virus dan malware di dalamnya. Jika suatu perangkat sudah terinfeksi dengan virus atau malware, tentu saja keamanannya menjadi semakin rapuh dan akhirnya mudah dihack oleh orang tak bertanggung jawab.

Karena itu untuk mencegahnya, hindari mendownload aplikasi dari sumber tak dikenal. Jika Anda pengguna android, pastikan mendownload aplikasi yang ada di Google Play Store. Sementara jika Anda merupakan pengguna iPhone atau iPad, download aplikasi hanya melalui App Store.

Hindari membuka atau klik link dari sumber tak jelas

Mendapatkan link anonim dari orang yang tak dikenal? Abaikan. Bisa jadi link tersebut berisi tautan berbahaya yang bertujuan untuk phising, menipu atau mencuri data pribadi Anda yang tersimpan di perangkat.

Jangan lupa install antivirus

Virus yang menginfeksi perangkat HP bisa datang dari sumber apapun mulai dari link, proses download, aplikasi, aktivitas browsing, file dan sebagainya.

Baca Juga:  Cara Top Up Diamond FF di Indomaret atau Alfamart

Untuk melindungi perangkat dari terinfeksi virus, pastikan Anda menginstal antivirus. Antivirus ini dapat berjalan secara otomatis pada perangkat, sehingga jika perangkat terjangkit virus maka antivirus yang terinstall bisa segera mendeteksi dan menindak virus tersebut.

Baca Juga : Cara Hapus Akun Facebook

Demikian tips dan cara amankan data di HP agar tidak bocor yang bisa dilakukan. Lakukan untuk menjaga perangkat yang Anda gunakan selalu dalam kondisi aman.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Comment