Cara Membuat Desain Grafis Dengan 6 Software Powerfull

Iglas.co.id – Salah satu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media penyampaian informasi dikenal dengan Desain grafis. Saat ini, desain grafis menjadi sebuah kebutuhan penting bagi setiap perusahaan. Lalu bagaimana cara membuat desain Grafis yang benar?

Untuk seseorang yang baru mengenal desain, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu desain grafis.

Seni ini berkaitan dengan keterampilan visual seperti tipografi, ilustrasi, pengolahan gambar, serta tata letak. Orang yang bekerja pada bidang ini dikenal sebagai desainer grafis.

Pada dunia desain grafis, ada beberapa macam software terbaik dan terpopuler yang cocok digunakan untuk pemula bahkan profesional.

Cara Membuat Desain Grafis Dengan Software

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, memunculkan banyak sekali software desain grafis yang bisa digunakan sesuai dengan keperluan.

Baik itu, dari yang sederhana sampai paling rumit. Semua software desain grafis mempunyai berbagai jenis fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Di bawah ini sudah dirangkum cara membuat Desain Grafis dengan software desain grafis yang dapat digunakan dengan mudah.

  1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu software desain grafis yang sangat populer. Software ini secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek maupun gambar dan dapat digunakan untuk para fotografer.

Dalam hal mengedit foto hasil jepretannya supaya terlihat lebih menarik. Namun, Adobe Photoshop ini juga dapat diandalkan untuk kebutuhan desain grafis. Misalnya dalam membuat banner, desain logo, tipografi, serta kebutuhan desain lainnya.

Dengan adanya jumlah pengguna yang tergolong banyak pada software yang sama. Anda dapat mempelajari tutorial penggunaan software ini melalui blog desain, video YouTube, atau membeli buku-buku khusus tutorial Adobe Photoshop untuk pemula sampai profesional.

  1. GIMP

Untuk sebagian orang, GIMP seringkali dikenal sebagai alternatif dari Photoshop. Hal ini dikarenakan gratis, software GIMP juga bersifat open source, yakni bisa dikembangkan oleh siapa pun.

Baca Juga:  Panduan Cara Scan Lewat HP dengan Mudah dan Cepat

Software ini juga dianggap sebagai salah satu software desain grafis terbaik karena memiliki yang lengkap dan mudah digunakan apalagi untuk pemula.

Keunggulan utama GIMP adalah tampilannya sangat cerah dan modern. Sehingga, karakteristik ini sangat cocok untuk para desainer muda.

Selain itu, kualitas dari grafisnya diberikan pun sangat jernih. Sehingga dapat memberikan hasil desain grafis yang lebih berkualitas.

  1. Adobe Illustrator

Apabila Anda ingin membuat sebuah desain vektor (vector) seperti tipografi, sketsa, bahkan desain ilustrasi yang lebih kompleks. Maka Adobe Illustrator bisa pilihan tepat untuk mengerjakan itu semua.

Dengan adanya Adobe Illustrator, semua pekerjaan desain Anda akan menjadi lebih cepat selesai. Software desain ini dihadirkan dengan plugin yang akan membantu dalam membuat halaman web atau landing page menjadi lebih menarik.

Untuk versi terbarunya, Anda akan memperoleh fitur seperti Creative Cloud. Sehingga memanfaatkan aplikasi pada PC desktop maupun Mac.

Selain itu, keunggulan lain dari Illustrator adalah tersedianya tools seperti The Free Transform and Touch-type yang membuat hasil desain lebih sempurna.

Namun, juga ada kekurangan dari software ini yakni harganya terbilang lumayan cukup mahal dibandingkan yang lain.

Leave a Comment