Cara Mematikan Google Play Protect di HP Android

Cara Mematikan Google Play Protect di HP Android – Apakah anda sedang mencari cara mematikan Google Play Protect di HP Android? Fitur Google Play Protect sebenarnya merupakan fitur yang sangat penting fungsinya di HP Android.

Hanya saja, terkadang fitur tersebut justru dapat menghambat dalam penggunaan HP Android secara maksimal.

Bagi anda yang ingin bisa menggunakan HP Android tanpa batasan dari sistem operasinya, anda bisa pelajari bagaimana cara mematikan fitur Play Protect dari Google tersebut di dalam artikel ini.

Apa Fungsi dari Fitur Google Play Protect?

Sebelum membahas mengenai bagaimana caranya mematikan fitur Play Protect di HP Android, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu mengenai apa fungsi dari fitur tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi penting dari fitur Google Play Protect:

  • Memastikan bahwa semua aplikasi yang akan anda unduh dan pasang sudah bebas dari malware maupun virus.
  • Melakukan pemindaian pada semua file yang ada di dalam ruang penyimpanan HP Android secara berkala.
  • Memberikan notifikasi kepada pengguna HP Android jika ditemukan adanya malware maupun virus.
  • Membantu meningkatkan privasi pengguna HP Android dengan cara memblokir penggunaan aplikasi yang mengakses file-file yang bersifat pribadi.

Kenapa Banyak Orang Ingin Mematikan Fitur Google Play Protect di HP Android?

Setelah mengetahui apa saja fungsinya, tentunya banyak dari anda yang bertanya-tanya kenapa banyak orang ingin mematikan fitur Play Protect tersebut dari HP Android.

Baca Juga:  Cara Melihat Struk Belanja di Alfagift

Ada cukup banyak alasan kenapa orang-orang lebih memilih mematikan fitur Play Protect di HP Androidnya. Berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa mereka memilih mematikan fitur tersebut:

·         Terkadang membuat anda tidak bisa memasang aplikasi tertentu

Alasan pertama kenapa banyak orang memilih mematikan fitur Play Protect di dalam HP Androidnya adalah karena alasan tidak bisa memasang aplikasi tertentu.

Karena fungsinya mencegah file malware maupun virus masuk ke dalam sistem atau penyimpanan HP Android, maka fitur Play Protect ini seringkali mencegah anda memasang aplikasi tertentu.

Namun masalahnya, aplikasi tersebut sebenarnya tidak memiliki file yang berbahaya. Hal ini biasa terjadi karena developer aplikasi belum melakukan pembaruan sistem pengamanan pada aplikasinya saja.

·         Sering tidak bisa memasang aplikasi dari luar Playstore

Selain tidak bias memasang aplikasi tertentu langsung dari Playstore, adanya fitur Play Protect ini juga membuat anda kesulitan memasang aplikasi dari luar Playstore.

Anda tetap tidak bisa melakukan pemasangan aplikasi dari luar Playstore meskipun sudah memberikan ijin pada sistem operasi Android. Hal tersebut karena fitur Play Protect masih berjalan di belakang layar OS Android.

·         Memperlambat proses pengunduhan dan pemasangan aplikasi dari Playstore

Jika bukan karena masalah tidak bisa memasang aplikasi baik dari Playstore maupun dari luar Playstore, kebanyakan orang juga merasakan fitur Play Protect ini menghambat proses pengunduhan dan pemasangan aplikasi di HP Android.

Hal tersebut karena setiap kali anda mau memasang aplikasi, Play Protect akan melakukan pemindaian file aplikasi terlebih dahulu.

Setelah proses pemindaian selesai, sistem operasi Android baru mendapatkan ijin untuk memasangnya di penyimpanan utama.

Hal ini tidak akan menjadi masalah besar jika ukuran file aplikasi yang mau anda unduh dan pasang terbilang kecil. Lalu bagaimana jika ukuran file aplikasinya cukup besar?

Baca Juga:  Download Aplikasi Karejo Dapat Uang Terbaru

Maka tidak heran jika proses pemasangan aplikasi di HP Android terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Melihat semua alasan tersebut, maka tidak heran bukan jika banyak orang memilih mematikan fitur Play Protect di HP Androidnya.

Langkah-Langkah Mematikan Fitur Google Play Protect di HP Android

Bagi anda yang juga merasakan semua masalah tersebut saat menggunakan HP Android, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mematikan fitur Play Protect:

  1. Jalankan aplikasi Playstore yang ada di dalam HP Android anda.
  2. Cari dan klik icon 3 garis vertikal.
  3. Setelah itu, gulir kebawah hingga menemukan menu Play Protect.
  4. Kemudian, non aktifkan menu Pindai Perangkat Untuk Mengetahui Ancaman Keamanan dan Tingkatkan Deteksi Aplikasi Berbahaya.
  5. Jika sudah, maka akan muncul notifikasi Pemindai Lengkap Dinonaktifkan pada menu tersebut.

Setelah itu, anda bisa mencoba kembali mengunduh ataupun memasang aplikasi yang sebelumnya tidak bisa anda pasang di HP Android. Bagaimana? Tidak sulit bukan cara mematikan Google Play Protect itu?

Leave a Comment