Cara Belanja di Tokopedia

Cara mengajukan pengembalian Dana di Tokopedia

Bagaimana Cara mengajukan pengembalian Dana di Tokopedia ? Terkadang saat belanja online di toko ijo memang ada saja kejadian yang kurang mengenakan antara penjual dan pembeli.

Contohnya saja seperti barang diterima dalam kondisi rusak atau barang tidak sesuai dengan yang ada di deskripsi lapak penjual.

Atau bisa juga pesan 5 pcs tetapi yang datang malah cuma 4 pcs akibat keteledoran si penjual yang tidak teliti saat melakukan packing. Kejadian seperti ini bisa terjadi yang tentunya sangat merugikan pihak buyer.

Untuk itulah pihak Tokopedia akan memediasi dengan platform yang memiliki fitur untuk mengembalikan dana ke pembeli apabila barang yang diterima tidak sesuai perjanjian awal.

Cara mengajukan pengembalian Dana di Tokopedia

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk retur barang ke penjual dan mendapatkan kembali dana ke akun OVO anda. Bisa melalui komputer atau smartphone yang menggunakan aplikasi bawaan Tokopedia.

Dan akan kita bahas satu persatu dimulai dari komputer terlebih dahulu.

1. Melalui browser komputer desktop atau laptop

Buka web resmi Tokopedia melalui web browser modern seperti Google Chrome atau bisa juga menggunakan Mozilla Firefox. Agar semua fitur bisa berfungsi dengan baik maka pastikan anda telah menggunakan web browser versi terupdate.

Silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun anda lalu klik tombol notifikasi pada halaman web Tokopedia, dan klik Status Pemesanan.

Pilih menu “Komplain” dan selanjutnya akan muncul pop up. Karena pada pembahasan ini mengenai kasus barang yang tidak sesuai deskripsi maka pilih menu barang Sudah Sampai. (Tapi tidak sesuai pesanan)

Beri keterangan sejelas mungkin alasan anda menolak barang yang telah diterima tersebut. Apakah itu berbeda merk, warna, atau kondisi barang yang sudah rusak dan juga tidak sesuai quantity agar pihak Tokopedia bisa mengerti.

Baca Juga:  Fitur Chat Gojek yang Lagi Viral

Setelah memberi keterangan dengan sejelas-jelasnya, klik tombol lanjutkan dan anda bisa mengupload foto produk yang bermasalah tersebut.

Sebagai tips agar pihak Tokopedia bisa membela anda maka sebaiknya upload foto sejelas mungkin. Jangan hanya upload satu foto saja karena Tokopedia sendiri mengizinkan usernya untuk mengupload hingga 5 foto.

Foto produk pada bagian yang bermasalah dengan jelas, misalnya saja pada deskripsi anda memberikan alasan ada penyok, berkarat, atau mungkin pecah. Maka sebagai bukti penguat anda lampirkan foto penampakan agar pihak tokopedia bisa menilainya sendiri.

Selanjutnya anda hanya perlu menunggu dan jika tidak ada tanggapan dari penjual setelah tiga hari maka pihak tokopedia yang akan memberikan keputusan.

Jika disetujui maka anda bisa retur barang ke penjual dan dana anda bisa segera kembali.

2. Menggunakan Aplikasi bawaan Tokopedia

Secara umum langkah-langkahnya hampir sama dengan saat anda menggunakan web browser komputer. Melalui aplikasi tokopedia, anda juga bisa masuk ke menu Status Pemesanan, kemudian klik menu Komplain.

Berikan dengan detail mengapa barang anda tolak dan ingin melakukan retur agar dana bisa kembali. Jangan lupa upload juga foto-foto produk sebagai bukti pendukung agar jika penjual tidak mau tanggung jawab maka pihak Tokopedia yang akan turun tangan.

Perlu anda ketahui bahwa keputusan pihak Tokopedia bersifat mutlak dan tidak bisa di intervensi baik buyer maupun seller.

Karena itulah dari awal anda harus sudah memberikan alasan kuat serta bukti foto agar bisa memenangkan keputusan untuk pengembalian dana.

Nah, itulah cara mengajukan pengembalian Dana di Tokopedia yang bisa anda lakukan apabila menemukan barang yang rusak atau tidak sesuai deskripsi lapak.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave a Comment