Cara Belanja di Tokopedia

Daftar isi

Cara menghindari seller penipu di tokopedia

Cara menghindari seller penipu di tokopedia supaya belanja tetap aman dan tidak ada kerugian yang berarti. Seperti kita ketahui bahwa kasus penipuan jual beli online masih sering terjadi.

Meskipun sudah ada Tokopedia sebagai marketplace terpercaya karena sistem yang cukup bagus, namun masih ada saja celah yang harus anda waspadai.

Sebab para penipu tidak akan berhenti berusaha selama masih ada calon buyer yang tidak teliti atau ceroboh. Melalui toko ijo ini, setidaknya anda bisa terbantu karena ada fitur canggih yang bisa menjadi indikator untuk memilih seller terpercaya.

Cara menghindari seller penipu di tokopedia

1. Waspadai harga super murah

Pastinya semua orang akan tertarik untuk membeli produk serupa namun dengan harga yang lebih murah. Dan celah ini juga yang akan digunakan oleh seller penipu agar ada calon buyer yang tertarik membeli produk tipuannya itu.

Jadilah buyer yang cerdas, pertimbangkan lagi dan lakukan survey lagi. Apakah harga dari produk itu benar-benar masuk akal atau tidak ?

Tidak menjadi masalah jika produk murah tersebut berasal dari seller official yang sudah terverifikasi. Namun jika bukan maka sebaiknya hindari bertransaksi dengan seller meragukan ini karena beresiko timbul masalah nantinya.

2. Prioritaskan Reputasi bagus

Kebanyakan buyer di Tokopedia yang masih pemula memang lebih mengutamakan harga murah ketimbang reputasi sang seller. Hal ini tentu sangat memiliki resiko tinggi karena pada akhirnya justru buyer tidak untung melainkan mendapat kerugian yang lebih besar.

Perlu anda ketahui kalau fitur Reputasi yang disediakan oleh pihak Tokopedia adalah penting dan jangan diabaikan oleh buyer.

Sebaiknya tinggalkan saja apabila anda menemui produk dengan harga miring tetapi reputasi seller sangatlah buruk. Akan jauh lebih baik jika barang sedikit lebih mahal tetapi reputasi seller sudah bagus.

Baca Juga:  Panduan Cara Scan Lewat HP dengan Mudah dan Cepat

Sebab kepuasanlah yang akan anda dapatkan karena barang yang akan anda beli tersebut nantinya memang sesuai pesanan. Hal ini tentu berbeda apabila anda bertransaksi dengan seller reputasi buruk dengan harga murah yang nantinya lebih cenderung ke penipuan.

3. Baca Deskripsi Produk dengan sangat teliti

Kita harus aku bahwa kebanyakan orang Indonesia memang tidak suka atau malas membaca. Hal ini tentu berdampak buruk pada masyarakat luas termasuk saat ingin belanja online dari Tokopedia.

Pastikan sebelum membeli anda sudah baca deskripsi dari awal hingga akhir. Ketahui kondisi barang, harga, varian atau jenis, hingga warna dari deskripsi yang tertera.

Jangan sudah beli baru komplain karena anda sendiri yang malas baca. Hal ini tentu tidak akan dilayani lagi oleh seller dan pihak tokopedia-pun juga tidak akan memihak anda karena memang anda sendiri yang tidak teliti.

Karena itulah selalu baca Deskripsi Produk dan apabila kurang jelas anda bisa chat langsung ke seller tokopedia. Tanyakan hingga anda merasa jelas dari produk yang ingin anda beli tersebut.

4. Cek Review

Selalu cek review dari komentar-komentar buyer sebelumnya yang telah membeli produk yang akan ingin anda beli ini. Jika meragukan anda bisa laporkan ke pihak tokopedia bahwa testimoni itu bisa saja palsu.

Sebab penipuan saat ini juga menggunakan modus fake review dengan memberi review positif dan bintang lima, tapi dari akun kloningan.

Jadi selalu lihat siapa yang memberikan review positif tersebut, apakah benar-benar buyer atau hanya kloningan yang ingin menipu.

Nah, itulah tadi beberapa tips agar belanja online di tokopedia anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik dan jauh dari terkena kasus penipuan.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a Comment