Cara Belanja di Tokopedia

Cara Top up saldo di Tokopedia yang mudah.

Cara Belanja di Tokopedia – Bagi pengguna baru yang pertama kali menggunakan Tokopedia pastinya akan kebingungan untuk isi saldo menggunakan OVO.

Isi saldo di Tokopedia tidak sama dengan marketplace seperti Shopee yang dimana dompet digitalnya sudah menjadi satu (ShopeePay).

Tokopedia tidak mempunyai e-wallet sendiri sejak pemerintah RI melarang atau mengetatkan peraturan karena khawatir akan banyaknya kasus penggelapan dana.

Untuk melindungi para user Tokopedia agar dananya bisa di kelola secara profesional maka dibutuhkan aplikasi pihak ketiga yang khusus untuk mengelola dana marketplace unicorn ini.

OVO adalah salah satu aplikasi milik Lippo Group yang merupakan perusahaan finansial pemilik Lippo Bank (sekarang Bank CIMB).

Dengan pengalamannya selama bertahun-tahun dalam mengelola keuangan yang sudah profesional maka kini para user Tokopedia tidak perlu ragu lagi untuk melakukan top up menggunakan OVO.

Karena marketplace Tokopedia dan e-wallet OVO berasal dari dua perusahaan yang berbeda, maka aplikasinya pun juga berbeda.

Secara default saldo OVO memang bisa terlihat langsung dari aplikasi Tokopedia. Namun jika ingin melakukan Top up atau tarik uang maka anda harus menginstal aplikasi OVO yang terpisah dari Aplikasi Tokopedia.

Cara Top up saldo di Tokopedia yang mudah

Bagi anda pengguna HP Android, untuk mendapatkan file APk OVO maka bisa membuka google play store terlebih dahulu. Ketik saja OVO pada mesin pencarian dan jika sudah ketemu maka bisa mengunduh dan menginstalnya ke HP Android.

Jika aplikasi OVO sudah berhasil terinstal maka selanjutnya tinggal jalankan aplikasi tersebut. Anda memang bisa langsung melakukan Top Up OVO tanpa harus melakukan verifikasi identitas.

Namun ada kalanya saldo yang sudah anda top up di akun OVO ingin ditarik kembali ke bank lokal. Maka dari itu ada baiknya untuk melakukan verfikasi ID agar bisa menikmati full fitur dari OVO.

Cara verifikasi akun OVO

Tidak butuh waktu yang lama dan proses yang panjang karena semuanya sudah serba otomatis. Hanya kurang dari 24 jam saja akun OVO anda sudah bisa terverifikasi oleh sistem secara otomatis apabila dokumennya lengkap dan valid.

Dokumen yang anda butuhkan hanyalah KTP atau SIM, nomor HP yang aktif dan foto selfie yang jelas. Setelah memberikan semua dokumen tersebut selanjutnya anda harus membuat sebuah PIN untuk setiap kali transfer atau withdraw.

Ikuti semua petunjuknya yang tertera pada layar aplikasi OVO ini karena secara berkala pihak developer OVO selalu melakukan pembaruan.

Jika sudah maka anda bisa gunakan semua fitur OVO baik untuk top up, transfer, withdraw dan transaksi lainnya.

Cara top up OVO dari Tokopedia menggunakan Bank BCA

Silahkan buka aplikasi Tokopedia atau bisa juga dari situs resminya langsung. Jika belum login maka anda harus login terlebih dahulu menggunakan akun Tokopedia yang secara otomatis sudah terhubung dengan OVO.

Selanjutnya masuk ke menu Top up -> OVO -> Beli/Bayar. Pilih metode pembayaran BCA Virtual Account jika ingin melakukan top up dari rek BCA anda.

Baca Juga:  Cara Download Video di Facebook Lewat HP Android

Setelah itu klik tombol “bayar” untuk mendapatkan kode unik yang harus anda copy paste ke m-BCA. Anda akan menerima kode unik tersebut di aplikasi tokopedia dan pastekan ke aplikasi m-bca untuk melakukan transfer isi saldo.

Jika berhasil maka saldo OVO secara otomatis akan bertambah dan siap anda pakai untuk berbelanja di Tokopedia, selesai !

Cara menghindari seller penipu di tokopedia

Cara menghindari seller penipu di tokopedia supaya belanja tetap aman dan tidak ada kerugian yang berarti. Seperti kita ketahui bahwa kasus penipuan jual beli online masih sering terjadi.

Meskipun sudah ada Tokopedia sebagai marketplace terpercaya karena sistem yang cukup bagus, namun masih ada saja celah yang harus anda waspadai.

Sebab para penipu tidak akan berhenti berusaha selama masih ada calon buyer yang tidak teliti atau ceroboh. Melalui toko ijo ini, setidaknya anda bisa terbantu karena ada fitur canggih yang bisa menjadi indikator untuk memilih seller terpercaya.

Cara menghindari seller penipu di tokopedia

1. Waspadai harga super murah

Pastinya semua orang akan tertarik untuk membeli produk serupa namun dengan harga yang lebih murah. Dan celah ini juga yang akan digunakan oleh seller penipu agar ada calon buyer yang tertarik membeli produk tipuannya itu.

Jadilah buyer yang cerdas, pertimbangkan lagi dan lakukan survey lagi. Apakah harga dari produk itu benar-benar masuk akal atau tidak ?

Tidak menjadi masalah jika produk murah tersebut berasal dari seller official yang sudah terverifikasi. Namun jika bukan maka sebaiknya hindari bertransaksi dengan seller meragukan ini karena beresiko timbul masalah nantinya.

2. Prioritaskan Reputasi bagus

Kebanyakan buyer di Tokopedia yang masih pemula memang lebih mengutamakan harga murah ketimbang reputasi sang seller. Hal ini tentu sangat memiliki resiko tinggi karena pada akhirnya justru buyer tidak untung melainkan mendapat kerugian yang lebih besar.

Perlu anda ketahui kalau fitur Reputasi yang disediakan oleh pihak Tokopedia adalah penting dan jangan diabaikan oleh buyer.

Sebaiknya tinggalkan saja apabila anda menemui produk dengan harga miring tetapi reputasi seller sangatlah buruk. Akan jauh lebih baik jika barang sedikit lebih mahal tetapi reputasi seller sudah bagus.

Sebab kepuasanlah yang akan anda dapatkan karena barang yang akan anda beli tersebut nantinya memang sesuai pesanan. Hal ini tentu berbeda apabila anda bertransaksi dengan seller reputasi buruk dengan harga murah yang nantinya lebih cenderung ke penipuan.

3. Baca Deskripsi Produk dengan sangat teliti

Kita harus aku bahwa kebanyakan orang Indonesia memang tidak suka atau malas membaca. Hal ini tentu berdampak buruk pada masyarakat luas termasuk saat ingin belanja online dari Tokopedia.

Pastikan sebelum membeli anda sudah baca deskripsi dari awal hingga akhir. Ketahui kondisi barang, harga, varian atau jenis, hingga warna dari deskripsi yang tertera.

Jangan sudah beli baru komplain karena anda sendiri yang malas baca. Hal ini tentu tidak akan dilayani lagi oleh seller dan pihak tokopedia-pun juga tidak akan memihak anda karena memang anda sendiri yang tidak teliti.

Karena itulah selalu baca Deskripsi Produk dan apabila kurang jelas anda bisa chat langsung ke seller tokopedia. Tanyakan hingga anda merasa jelas dari produk yang ingin anda beli tersebut.

4. Cek Review

Selalu cek review dari komentar-komentar buyer sebelumnya yang telah membeli produk yang akan ingin anda beli ini. Jika meragukan anda bisa laporkan ke pihak tokopedia bahwa testimoni itu bisa saja palsu.

Sebab penipuan saat ini juga menggunakan modus fake review dengan memberi review positif dan bintang lima, tapi dari akun kloningan.

Jadi selalu lihat siapa yang memberikan review positif tersebut, apakah benar-benar buyer atau hanya kloningan yang ingin menipu.

Baca Juga:  Nakrutka by Followers

Nah, itulah tadi beberapa tips agar belanja online di tokopedia anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik dan jauh dari terkena kasus penipuan.

 

Cara mengajukan pengembalian Dana di Tokopedia

Bagaimana Cara mengajukan pengembalian Dana di Tokopedia ? Terkadang saat belanja online di toko ijo memang ada saja kejadian yang kurang mengenakan antara penjual dan pembeli.

Contohnya saja seperti barang diterima dalam kondisi rusak atau barang tidak sesuai dengan yang ada di deskripsi lapak penjual.

Atau bisa juga pesan 5 pcs tetapi yang datang malah cuma 4 pcs akibat keteledoran si penjual yang tidak teliti saat melakukan packing. Kejadian seperti ini bisa terjadi yang tentunya sangat merugikan pihak buyer.

Untuk itulah pihak Tokopedia akan memediasi dengan platform yang memiliki fitur untuk mengembalikan dana ke pembeli apabila barang yang diterima tidak sesuai perjanjian awal.

Cara mengajukan pengembalian Dana di Tokopedia

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk retur barang ke penjual dan mendapatkan kembali dana ke akun OVO anda. Bisa melalui komputer atau smartphone yang menggunakan aplikasi bawaan Tokopedia.

Dan akan kita bahas satu persatu dimulai dari komputer terlebih dahulu.

1. Melalui browser komputer desktop atau laptop

Buka web resmi Tokopedia melalui web browser modern seperti Google Chrome atau bisa juga menggunakan Mozilla Firefox. Agar semua fitur bisa berfungsi dengan baik maka pastikan anda telah menggunakan web browser versi terupdate.

Silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun anda lalu klik tombol notifikasi pada halaman web Tokopedia, dan klik Status Pemesanan.

Pilih menu “Komplain” dan selanjutnya akan muncul pop up. Karena pada pembahasan ini mengenai kasus barang yang tidak sesuai deskripsi maka pilih menu barang Sudah Sampai. (Tapi tidak sesuai pesanan)

Beri keterangan sejelas mungkin alasan anda menolak barang yang telah diterima tersebut. Apakah itu berbeda merk, warna, atau kondisi barang yang sudah rusak dan juga tidak sesuai quantity agar pihak Tokopedia bisa mengerti.

Setelah memberi keterangan dengan sejelas-jelasnya, klik tombol lanjutkan dan anda bisa mengupload foto produk yang bermasalah tersebut.

Sebagai tips agar pihak Tokopedia bisa membela anda maka sebaiknya upload foto sejelas mungkin. Jangan hanya upload satu foto saja karena Tokopedia sendiri mengizinkan usernya untuk mengupload hingga 5 foto.

Foto produk pada bagian yang bermasalah dengan jelas, misalnya saja pada deskripsi anda memberikan alasan ada penyok, berkarat, atau mungkin pecah. Maka sebagai bukti penguat anda lampirkan foto penampakan agar pihak tokopedia bisa menilainya sendiri.

Selanjutnya anda hanya perlu menunggu dan jika tidak ada tanggapan dari penjual setelah tiga hari maka pihak tokopedia yang akan memberikan keputusan.

Jika disetujui maka anda bisa retur barang ke penjual dan dana anda bisa segera kembali.

2. Menggunakan Aplikasi bawaan Tokopedia

Secara umum langkah-langkahnya hampir sama dengan saat anda menggunakan web browser komputer. Melalui aplikasi tokopedia, anda juga bisa masuk ke menu Status Pemesanan, kemudian klik menu Komplain.

Berikan dengan detail mengapa barang anda tolak dan ingin melakukan retur agar dana bisa kembali. Jangan lupa upload juga foto-foto produk sebagai bukti pendukung agar jika penjual tidak mau tanggung jawab maka pihak Tokopedia yang akan turun tangan.

Perlu anda ketahui bahwa keputusan pihak Tokopedia bersifat mutlak dan tidak bisa di intervensi baik buyer maupun seller.

Karena itulah dari awal anda harus sudah memberikan alasan kuat serta bukti foto agar bisa memenangkan keputusan untuk pengembalian dana.

Nah, itulah cara mengajukan pengembalian Dana di Tokopedia yang bisa anda lakukan apabila menemukan barang yang rusak atau tidak sesuai deskripsi lapak.

 

Baca Juga:  Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

Cara pinjam uang dari Tokopedia untuk kebutuhan mendesak

 

Bagaimana Cara pinjam uang dari Tokopedia yang mudah untuk kebutuhan mendesak dan tidak butuh waktu yang lama ? Seperti kita ketahui bahwa akibat pandemi Covid-19 kini membuat sektor ekonomi menjadi lesu.

Semua ini akibat pembatasan sosial dalam skala besar yang berkepanjangan guna menghindari penularan virus Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung.

Untuk anda yang sedang butuh pinjaman uang karena ada kebutuhan mendesak atau alasan lainnya maka bisa mencoba meminjam dari Tokopedia.

Ya benar sekali, marketplace lokal yang telah mendapat julukan unicorn ini juga menyediakan fintech dengan syarat yang jauh lebih mudah ketimbang pinjam uang dari bank.

Tokopedia akan memberikan pinjaman dana instan hingga 2,4 juta rupiah yang bisa langsung cair untuk segera anda pakai memenuhi kebutuhan mendesak.

Cara pinjam uang dari Tokopedia Dana Instan

Silahkan buka aplikasi Tokopedia terlebih dahulu, lalu pilih menu “Semua Kategori” -> “Pinjaman Online”.

Perlu anda ketahui bahwa secara resmi pihak tokopedia memiliki beberapa produk pinjaman online dengan aturan main dan batas limit yang berbeda-beda.

Yang sedang kita bahas saat ini yaitu pinjaman dana online jenis “Dana Instan” , khusus untuk keperluan mendesak supaya cepat cair.

Jadi masuk ke menu “Semua Kategori” -> “Pinjaman Online”-> “Dana Instan” , dan setelah itu tinggal pilih jumlah nominal yang anda butuhkan.

Pihak Tokopedia memberikan jumlah pinjaman yang bervariasi minimal 600 ribu rupiah dan maksimal 2,4 juta rupiah. Adapun bunga yang harus anda bayar berkisar antara 105 ribu hingga 378 ribu rupiah dengan periode pinjaman maksimal 90 hari.

Silahkan klik tombol “Cari pinjaman” untuk mengajukan permohonan ke pihak Tokopedia. Dan setelah itu akan muncul pop up yang isinya tentang ketersediaan anda untuk menghubungkan perangkat.

Fungsi dari permintaan ini adalah sebagai review otomatis dari pihak Tokopedia agar bisa melihat profil anda yang tersimpan dari data ponsel.

Klik tombol hijau yang bertuliskan “Hubungkan perangkat”, setelah itu pihak tokopedia akan mengirimkan kode OTP yang harus anda isi untuk verifikasi.

Setelah itu upload foto KTP dengan jelas serta foto selfie sambil memegang KTP. Isikan juga biodata lengkap sesuai dengan yang sebenarnya.

Tunggu beberapa saat karena pihak Tokopedia akan mengecek secara manual. Dan jika disetujui maka selamat ! Uang sudah bisa langsung cair maksimal 2,4 juta yang bisa anda gunakan untuk keperluan mendesak.

Kenapa Pinjaman Dana Instan Saya Ditolak ?

Sayangnya tidak sedikit orang yang akan mengalami pengajuan pinjamannya ditolak oleh pihak Tokopedia. Ada beberapa kemungkinan mengapa pengajuan anda bisa kena tolak dari Tokopedia karena beberapa faktor berikut ini.

Kemungkinan pertama yang paling sering terjadi yaitu karena saat mengisi formulir data pribadi tidak lengkap atau tidak valid.

Maka dari itu pastikan data pribadi yang anda isi sudah lengkap dan benar-benar valid. Sebab pihak Tokopedia akan memeriksanya dengan teliti semua data yang anda berikan guna menjamin apakah anda layak atau tidak bisa dapat pinjaman.

Faktor kedua yang menyebabkan pihak Tokopedia menolak pengajuan pinjaman Dana anda karena anda masih punya hutang yang belum lunas.

Jadi solusinya sudah pasti yaitu lunasi dahulu hutang anda baru kemudian melakukan pengajuan lagi ke pihak tokopedia.

Nah, apabila anda merasa telah mengisi formulir secara lengkap dan tidak punya pinjaman lain yang masih aktif tapi masih ditolak.

Silahkan hubungi pihak CS Tokopedia langsung bisa melalui email resminya yaitu cs@finmas.co.id. Atau jika ingin cepat responnya bisa juga menelepon ke nomor (021) 150078 (Tunai Kita).

Penutup

Demikian Tips dan cara belanja di Tokopedia yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat.

Leave a Comment